Asuransi Pendidikan Anak Jadi Pilihan Orang Tua Cerdas

Asuransi Pendidikan Anak menjadi sektor penting untuk tumbuh kembang sang buah hati. Banyak orang tua yang memilih melakukan asuransi pendidikan agar pendidikan sang anak lebih terjamin. Adanya asuransi yang satu ini juga menjadikan pendidikan lebih terarah dan siap untuk menghadapi masa depan.

Namun banyak orang yang belum tahu mengenai asuransi pendidikan. Nah, berikut ini penjelasan mengenai asuransi pendidikan secara mendetail.

Kenali Lebih Mendalam Tentang Asuransi Pendidikan Anak

Asuransi Pendidikan Anak yaitu salah satu jenis asuransi yang dikeluarkan oleh perusahaan pelayanan jasa asuransi yang terjun pada pendidikan. Memilih asuransi pendidikan tentu sama menguntungkannya dengan tabungan anak. Keuntungan dari asuransi bahkan bisa lebih karena didalamnya terdapat investasi.

Besar sedikitnya keuntungan asuransi tidak bisa ditentukan secara pasti. Hal tersebut dikarenakan asuransi tergantung pada jenis pilihan investasi yang sudah dipilih sebelumnya. Pihak tertanggung bisa memilih pasar uang, reksa dana, obligasi maupun yang lainnya.

Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa keuntungan dari asuransi pendidikan ini cukup tinggi dibandingkan dengan tabungan. Tetapi hal tersebut sebanding dengan resiko yang akan dialami. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis investasi.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

1. Kenali Produk secara Mendetail

Asuransi pendidikan dibagi menjadi dua kategori  yaitu asuransi pendidikan bernama unit link dan asuransi murni untuk pendidikan. Asuransi pendidikan unit link yaitu gabungan dai perlindungan asuransi dan investasi ketika orang tua meninggal dunia. Maka dari itu, anak tidak hanya mendapatkan jaminan pendidikan saja, tetapi sekaligus mendapatkan investasinya.

Asuransi pendidikan murni atau lebih sering dikenal dengan asuransi pendidikan tradisional ini hanya akan memberikan asuransi pendidikan saja. Sang anak hanya akan mendapatkan asuransi atau biaya pendidikan tanpa ada investasinya.

2. Pahami Resiko Terlebih dahulu

Sebelum memilih asuransi pendidikan pada perusahaan asuransi, sebaiknya pahami dengan benar mengenai resiko kemungkinan yang akan terjadi. Anda tidak boleh tergiur dengan pihak asuransi yang menawarkan mengklaim asuransi terbaik saja. Karena semakin besar keuntungan yang anda dapatkan, maka semakin besar juga resiko yang akan anda alami.

Ketika Anda menerima polis dari pihak asuransi, baca dan pahami dengan baik. Jika ada hal yang mengganjal atau ada yang ingin ditanyakan, anda tidak perlu malu untuk menanyakannya. Karena asuransi berkaitan dengan investasi jangka waktu yang cukup lama. Sehingga anda harus mencermatinya terlebih dahulu.

3. Membeli Asuransi Pendidikan Anak Sejak dini

Sebaiknya Anda membeli asuransi pendidikan sejak sang buat hati masih kecil. Ketika anda mengasuransikannya setelah sang buah hati semakin besar, maka premi yang akan anda tanggung pun semakin besar atau majal juga. Jumlah premi tidak akan bertambah selama masa kontrak sesuai dengan kesepakatan atau polis asuransi. Jadi, pilihlah asuransi pendidikan sang buah hati mulai sejak dini.

4. Ketahui Biaya yang akan dikenakan kepada Anda

Sebelum mengasuransikan pada pendidikan anak, anda juga perlu mengetahui biaya-biaya yang nantinya akan dikenakan kepada Anda. Anda harus mengetahui dengan cermat berapa biaya administrasi, premi, dan denda pembayaran ketika terlambat membayarnya. Anda juga perlu mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berinvestasi di dalamnya.

Asuransi Pendidikan Anak menjadi pilihan Anda untuk menginvestasikan pendidikan bagi sang buah hati. Masa depan anak akan jauh lebih terarah dan terjamin dengan adanya investasi pendidikan ini. Sebelum memilih asuransi tersebut, Anda juga harus memperhatikan tips tersebut agar anda tidak salah dalam memilih.

Leave a Comment