Ini Dia Bisnis Sampingan Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Ini Dia Bisnis Sampingan Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Banyak bisnis sampingan yang sudah dipercaya memberikan keuntungan besar. Namun, tidak semua orang tahu apa saja itu. Sebenarnya bisnis merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan bagi mereka yang sudah menggeluti bidang tersebut. Hal ini dikarenakan dengan memaksimalkan bisnis, seseorang dapat meraup uang jutaan rupiah setiap bulannya tanpa harus bekerja di bawah tekanan orang lain.

Bisnis juga sangat cocok untuk siapapun yang kebetulan saja memiliki gaji besar dan bingung untuk mengarahkannya ke mana. Ini artinya bisnis bisa jadi investasi bagi Anda untuk menambah pendapatan. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki uang banyak, tidak perlu sedih karena nyatanya banyak bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil dan lebih efisien. Apa saja bisnis sampingan yang hanya menggunakan modal kecil tersebut? Berikut adalah daftar rekomendasi bisnis tanpa mengeluarkan modal banyak:

Daftar Bisnis Sampingan Dengan Modal Kecil

1. Membuka Outlet Kecil

Bisnis pertama yang dapat Anda jalankan adalah membuka outlet kecil. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Berjualan makanan adalah salah satu pilihan yang tepat. Anda hanya perlu menyiapkan gerobak untuk berjualan dan bahan-bahan makanan yang akan Anda jual. Makanan apa saja? Anda bisa menjual makanan yang merupakan favorit Anda atau Anda ahli dalam membuatnya.

Jika tidak memiliki ide untuk itu, Anda bisa berjualan makanan dan minuman yang sedang hits. Target pasar untuk bisnis ini adalah anak-anak muda yang kekinian. Bisnis ini dianggap sangat menguntungkan. Terlebih, jika Anda memilih tempat yang strategis. Beberapa tempat yang dianggap strategis adalah area yang dekat sekolah, pusat perbelanjaan, dan tempat wisata.

Untuk meminimalisir modal, Anda dapat membuat gerobak dari kayu. Caranya? Anda bisa datang ke tukang kayu untuk membuat gerobak sesuai desain Anda. Nah, untuk membuatnya lebih menarik, Anda dapat menambahkan banner yang unik dan persuasif. Biasanya, gerobak kayu lebih murah daripada yang terbuat dari kaca atau aluminium. Jangan lupa juga untuk membuat nama outlet yang keren dan menarik untuk outlet Anda.

2. Membuka Warung Kopi

Jika kebetulan Anda memiliki rumah yang berlokasi di tempat strategis, Anda bisa membuka warung kopi di rumah. Beberapa tempat strategis tersebut di antaranya perempatan desa atau kota, area dekat tempat kerja, dan area dekat kampus. Biasanya, anak kampus khususnya laki-laki suka sekali menghabiskan waktu nongkrong mereka di warung kopi. Tak jarang juga, pekerja-pekerja juga gemar untuk mampir ke warung kopi untuk bersantai sambil menyeduh kopi.

Walaupun dilihat dari untuk per item tidak terlalu besar, tetapi jika diakumulasi setiap harinya untungnya cukup besar. Bayangkan jika ada setidaknya 20 orang yang datang ke warung kopi Anda, ada berapa banyak item yang sudah terjual? Biasanya mereka tidak hanya membeli kopi saja, tetapi juga camilan seperti gorengan atau makanan ringan. Nah, agar mereka semakin betah berada di warung kopi Anda, Anda bisa memasang Wi-Fi untuk akses internet.

3. Membuka Jasa Cuci (Loundry)

Apakah Anda memiliki mesin cuci di rumah? Manfaatkan mesin cuci Anda. Bisnis yang hanya bermodalkan sabun dan pewangi tidak perlu diragukan kembali. Jika sudah digeluti dalam waktu lama, bisnis ini dikategorikan dalam bisnis menguntungkan dengan modal kecil. Tugas Anda hanya mempertahankan kualitas cucian Anda. Jangan sampai, Anda sudah mulai mendapatkan banyak pelanggan tetapi kualitas menurun. Nah, untuk membuka jasa cuci, Anda hanya perlu menyiapkan sabun cuci dan pewangi pakaian dengan aneka aroma. Lalu, tawarkan jasa setrika juga untuk memberi bonus pendapatan kepada Anda.

4. Membuka Jasa Jahit

Bagi Anda yang memiliki skill menjahit, tidak ada salahnya untuk menjalankan bisnis ini. Selain menyalurkan keahlian, Anda juga tidak perlu pergi ke luar karena tempat kerja Anda di rumah. Anda hanya perlu memasang banner dengan nama tempat jahit Anda dan memasangnya di depan rumah. Nah, jasa penjahitan sangat dibutuhkan dan laris ketika momen tertentu. Momen tersebut seperti momen lebaran, momen masuk sekolah, dan lainnya. Walaupun tidak setiap hari mendapatkan orderan, tetapi jika dihitung dari jumlah untung per item nya bisa dikatakan lumayan. Tetapi jika Anda ingin mengembangkannya menjadi toko online dan terima jasa jahit, maka peluang Anda meraup banyak keuntungan. Tentu, kualitas harus tetap dinomor satukan

5. Jasa Cuci Motor Dan Mobil

Apakah Anda senang sekali merawat motor Anda? Anda dapat mengirimkannya menjadi sebuah bisnis. Bisnis ini hanya membutuhkan modal air dan sabun. Selain, jasa ini, Anda juga dapat membuka jasa isi gas nitrogen pada ban dan lainnya. Jasa cuci motor tidak memerlukan teori, yang Anda butuhkan adalah ketelitian dalam membersihkan motor. Jika Anda hanya memiliki bujet rendah untuk membuka bisnis ini, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu ribet menyiapkan modal untuk bisnis yang beberapa orang jalankan.

6. Jasa fotografi

Bisnis yang satu ini bisa dijadikan bisnis sampingan sambil menuangkan hobi fotografi. Ya, siapa sangka kamera yang Anda miliki bisa menghasilkan uang jutaan rupiah. Hanya bermodalkan still dan promosi yang gencar-gencaran saja Anda bisa mendapat pelanggan setia. Kuncinya adalah Anda tetap menjaga kualitas jepretan Anda. Jasa fotografi sangat dibutuhkan dalam beberapa momen penting seperti pernikahan, foto pre-wedding, foto wisuda, dan foto kelas. Agar pelanggan Anda lebih tertarik dengan jasa Anda, tambahkan layanan cetak dan pigura. Biasanya, orang akan lebih tertarik untuk memilih jasa satu paket karena harganya yang lebih murah. Nah, apakah Anda tertarik mencoba bisnis ini?

7. Buka Jasa Tulis Artikel

Apakah Anda suka menulis di web? Manfaatkan still Anda untuk membuka jasa tulis artikel. Seperti yang diketahui, era sekarang adalah era digital. Banyak informasi yang dapat diakses di internet. Karena banyaknya pengunjung internet yang mencari informasi itulah yang membuat orang memesan banyak artikel dari penulis. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan baik. Anda hanya membutuhkan laptop dan skill dalam menulis. Tidak perlu skill tingkat dewa, Anda hanya perlu mempelajari cara menulis artikel dengan baik.  Biasanya, artikel di website hanya menuntut kebenaran ejaan bahasa indonesia seperti EYD. Selain itu, belajarlah menulis artikel yang informatif dan persuasif. Nah, bagaimana Anda bisa mempromosikan diri Anda? Ada banyak sekali website-website tertentu yang memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk promosi. Anda juga dapat membuat website pribadi khusus untuk mempromosikan jasa Anda.

Demikian adalah pembahasan mengenai bisnis sampingan yang dapat Anda jalankan. Pastikan dalam memulai bisnis, Anda perlu memiliki niat yang kuat. Jika niat Anda benar dan mantap, pasti rezeki pun akan mengalir dengan mudah. Kunci dari bisnis adalah berusaha menggeluti dan terus berinovasi. Jangan cepat menyerah ketika bisnis Anda tidak berjalan dengan baik. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Comment