Contoh Kata Pengantar Makalah yang Benar

Contoh Kata Pengantar Makalah – Banyak orang yang menyepelekan mengenai kata pengantar dari sebuah makalah. Padahal orang yang membacanya tentu akan melihat kata pengantar terlebih dahulu sebelum membaca isi makalah tersebut. Makalah dinilai mempunyai kualitas baik ketika disertai kata pengantar didalamnya.

Cara Membuat dan Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah bisa menjadi panduan Anda untuk menulis kata pengantar dengan baik dan benar. Makalah merupakan karya ilmiah akademis yang bersifat ilmiah. Makalah juga diartikan sebagai suatu karya ilmiah yang membahas  tentang masalah tertentu. Makalah berguna untuk menjelaskan hal tertentu kepada publik. Berikut ini beberapa cara dan contoh kata pengantar pada suatu makalah.

Struktur kata pengantar terdiri dari tiga bagian yaitu pembukaan, isi dan penutup. Pada bagian pembukaan atau paragraf pertama dan kedua berisi ucapan rasa syukur penulis. Jika makalah bukan karya sendiri atau mengumpulkan dari berbagai informasi, bisa ditulis tim penyusun. Ucapan tersebut merupakan ucapan syukur karena telah terselesaikannya karya tulis atau makalah tersebut.

Kata pengantar yang digunakan biasanya ucapan syukur kepada Tuhan dengan penyampaiannya masing-masing. Setelah rasa syukur kepada Tuhan, dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung penulis dalam mengerjakan karya tulis atau makalah hingga selesai.

Selanjutnya mengenai isi dari kata pengantar tersebut. Pada bagian isi kata pengantar berisi mengenai gambaran isi dari makalah yang dibuat. Penulis biasanya menyebutkan judul dari karya tulis atau makalah. Kemudian dijelaskan sedikit mengenai pembahasan dan bagaimana penyelesaiannya. Tuliskan isi dengan padat, singkat dan jelas.

Kemudian pada bagian penutup, penulis menuliskan kalimat permintaan maaf. Permintaan maaf meliputi beberapa kesalahan dalam penulisan nama, gelar, ataupun isi dari karya tulis tersebut. Berikut contoh kata pengantar pada sebuah makalah.

Contoh Kata Pengantar Makalah 1

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan inayah-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai pada waktunya.

Terimakasih kami ucapkan kepada teman-teman yang telah berkontribusi mengenai ide-ide yang diberikan sehingga makalah bisa disusun dengan baik dan rapi.

Kami berharap semoga makalah ini bisa menambahkan pengetahuan bagi para pembaca. Namun terlepas dari hal itu, kami memahami bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Sehingga kami sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangung dari paa pembaca, Hal tersebut demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik.

Contoh Kata Pengantar Makalah 2

Dengan menyebut Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Kami panjatkan syukur kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah dengan tepat waktu.

Makalah sudah kami susun dengan semaksimal mungkin dan mendapat bantuan berbagai pihak sehingga memperlancar dalam pembuatan makalah ini. Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah.

Kami sepenuhnya menyadari bahwa makalah jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis memohon maaf atas segala kekurangan baik dalam susunan kalimat maupun tata bahasanya. Semoga makalah ini mampu menambah wawasan pembaca dan memberikan insprasi bagi para pembaca.

Contoh Kata Pengantar Makalah bisa menjadi referensi Anda agar kata pengantar yang anda buat pada makalah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembaca. Sebelum membuat, perhatikan lebih dahulu mengenai poin-poin yang ada pada kata pengantar makalah. Semoga makalah yang anda buat digemari dan mampu menambah wawasan bagi setiap orang yang membacanya.

Leave a Comment