Contoh Surat Lamaran Kerja Jadi Poin Penting Anda Diterima

Sebelum Anda membuat lamaran pekerjaan, alangkah baiknya jika Anda melihat Contoh Surat Lamaran Kerja. Karena surat lamaran pekerjaan menjadi poin penting untuk menentukan apakah Anda diterima kerja atau tidak. Pada lamaran pekerjaan tersebut, Anda harus mempromosikan diri sebaik mungkin untuk menjadikan nilai tambah bagi perusahaan yang akan anda lamar.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Baik dan Sesuai dengan Keinginan Perusahaan

Buatlah surat lamaran pekerjaan sesuai dengan Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar. Anda harus memperhatikan dengan benar surat lamaran kerja agar mampu memberikan nilai tambah pada Anda. Karena surat lamaran yang menarik akan memberikan peluang diterimanya lebih besar untuk mendapat perhatian pimpinan perusahan yang Anda lamar. Berikut cara menulis lamaran kerja dengan benar.

Tuliskan tempat dan tanggal menulis surat pada bagian pojok kanan atas surat lamaran pekerjaan. Kemudian pada sebelah kiri atas surat lamaran, tulislah Kepada Yth. Nama orang berserta gelar dan jabatannya. Jika Anda tidak tahu mengenai nama orang tersebut, Anda bisa menuliskan nama perusahaan yang dituju. Kemudian di bawahnya tuliskan alamat lengkap perusahaan.

Setelah itu, berikan jarak satu baris kemudian tuliskan salam hormat. Dibawah salam hormat, Anda bisa menulis kata pengantar atau pembuka. Kata pengantar yang bagus selalu mencantumkan dimana pelamar mendapatkan informasi mengenai lowongan yang dibuka pada perusahaan yang dituju.

Cantuman informasi tersebut ditulis secara nyata, baik dari internet, surat kabar ataupun media yang lainnya. Selanjutnya yang tidak boleh tertinggal dari bagian kata pengantar yaitu jabatan yang anda pilih dalam perusahaan tersebut.

Lanjut ke bagian kedua yaitu mengenai biodata pribadi. Biodata pribadi mencakup nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor handphone atau nomor telepon. Selain, itu, Anda juga wajib menuliskan email dan pendidikan agar perusahaan semakin yakin untuk menerima Anda.

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu pengalaman kerja dan kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, Anda bisa menuliskan pengalaman bekerja yang pernah Anda lakukan. Hal tersebut akan mendorong perusahaan untuk menentukan Anda layak atau tidak dengan jabatan yang dilamar. Namun jika Anda belum pernah bekerja atau fresh graduate, anda hanya perlu menuliskan kemampuan pada diri Anda saja.

Bagian terakhir dari Surat lamaran pekerjaan yaitu penutup. Pada bagian penutup, Anda harus memberikan kata-kata dimana anda mempunyai keinginan yang kuat untuk diterima pada perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan Terima Kasih.

Perusahaan yang Anda tuju selalu mempunyai kriteria sendiri-sendiri. Selain lamaran pekerjaan, orang yang melamar biasanya disuruh untuk melampirkan beberapa bukti identitas maupun sertifikat. Pada surat lamaran ini Anda harus menuliskan apa saja yang anda lampirkan.

Hal umum yang biasanya dilampirkan yaitu pas foto terbaru, fotokopi kartu identitas penduduk (KTP), daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi yang Anda punya. Selanjutnya, pada bagian bawah sebelah kiri, tuliskan Hormat saya. Jangan lupa dibawah hormat saya untuk menuliskan tanda tangan dan nama lengkap Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja harus Anda perhatikan dengan seksama dan teliti. Banyak pelamar yang gagal hanya karena surat lamaran kerja yang ditulis tidak sesuai dengan keinginan dari perusahaan. Sangat disayangkan bukan? Sebelum melamar, pastikan surat lamaran pekerjaan sesuai dengan keinginan perusahaan.

Leave a Comment