Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri merupakan cara tepat untuk mengakhiri masa kontrak kerja. Dengan surat pengunduran diri jauh lebih terhormat dan sopan daripada kabur begitu saja. Seperti yang telah dilakukan sebagian karyawan Indonesia dalam hal memutuskan kontrak kerja di suatu perusahaan.

Faktor Pemutusan Kerja Dari Pihak Karyawan

Pemutusan hubungan kerja dapat dilakukan oleh perusahaan maupun karyawan. Faktor pemutusan kerja dari pihak perusahaan sangat jelas dan tidak dapat diganggu gugat. Faktor umum pemutusan kerja dari pihak perusahaan adalah pengurangan karyawan ataupun ketidakdisiplinan atas karyawan tersebut.

Sedangkan dari pihak karyawan ada faktor internal dan eksternal yang menjadi penyebab dari karyawan memutuskan hubungan kontrak kerja. Pengajuan pemutusan kontrak kerja terbagi menjadi 2, yaitu pensiun dan pemutusan kontrak sebelum jangka waktu. Ada berbagai macam faktor internal maupun eksternal yang membuat seseorang harus memutuskan kontrak kerja.

Untuk faktor internal berasal dari diri sendiri dan merupakan alasan pribadi. Seperti adanya suatu penyakit yang membuat tubuh tidak mampu untuk menjalankan job desk secara maksimal. Dalam kasus tersebut, dapat menjadi suatu kemungkinan untuk pindah divisi sesuai dengan kemampuan fisik.

Faktor internal lainnya seperti adanya pekerjaan atau bisnis lain yang lebih menjanjikan dalam memenuhi kebutuhan serta kelangsungan hidup. Ada pula alasan mengenai keluarga yang sedang dalam kondisi kritis dan membutuhkan perawatan intensif dari pihak keluarga.

Sementara faktor eksternal berasal bukan merupakan keinginan diri sendiri dalam memutuskan kontrak kerja. Namun disebabkan faktor tertentu, seperti faktor lingkungan baik lingkungan kerja dalam hubungan pergaulan antara karyawan. Misalnya terjadi pertengkaran atau konflik dengan karyawan lain.

Sisi Positif Dari Surat Pengunduran Diri

Pemutusan hubungan kerja dengan surat pengunduran diri sebaiknya tidak disepelekan. Sebab ada beberapa sisi positif dari pengunduran diri dengan surat pernyataan. Berikut ini adalah sisi positif dari surat pengunduran diri :

1. Terkesan lebih terhormat dan profesional

Memutuskan untuk berhenti kerja dengan surat pengunduran diri mempunyai kesan yang sangat positif. Kesan pertama dari suatu pernyataan pengunduran diri lebih profesional serta terhormat. Jika dibandingkan dengan keluar begitu saja tanpa suatu pernyataan apapun.

2. Lebih sopan

Pemutusan hubungan kerja melalui pernyataan pengunduran diri lebih sopan dan sesuai dengan tata krama. Sehingga dianggap lebih bertanggung jawab atas semua yang telah dikerjakan dalam perusahaan tersebut.

3. Menjaga tali silaturahmi

Hal ini adalah hal paling utama dalam pernyataan pengunduran diri. Dengan mengajukan surat pengunduran diri secara tidak langsung menjaga tali silaturahmi dengan suatu perusahaan. Sehingga pintu akan selalu terbuka jika suatu saat berniat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri :

 

Jogjakarta, 12 Juni 2019

Kepada Pimpinan PT Indo Sukses

Jogjakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Irfan Suprianto

Alamat: Jl pemuda No 24, Bantul, Jogyakarta

Jabatan: Administrasi umum

Dengan ini, saya berniat untuk mengajukan pengunduran diri dari Pt Indo Sukses sebagai administrasi umum terhitung sejak 15 Juni 2019.

Saya sangat berterima kasih kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan untuk bekerja sekaligus belajar secara profesional. Saya juga berterima kasih atas bimbingan yang telah diberikan selama ini.

Saya mohon maaf atas keputusan yang telah saya ambil untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Saya berharap perusahaan yang telah anda pimpin semakin berkembang dan maju.

Demikian surat pernyataan pengunduran diri yang telah saya buat dengan penuh pertimbangan dan kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak lain.

Hormat saya

Irfan Suprianto

Itulah alasan pentingnya contoh surat pengunduran diri. Walaupun terlihat sepele, namun mempunyai sisi positif dan citra yang jauh lebih baik.

Leave a Comment