Jenis Jenis Asuransi di Indonesia yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Jenis Jenis Asuransi di Indonesia yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Ada Jenis Jenis Asuransi yang bisa menjadi pilihan untuk mengasuransikan sebagian harta Anda. Definisi asuransi menurut otoritas jasa keuangan yaitu perjanjian antara penyedia jasa asuransi sebagai penanggung dan peserta atau masyarakat yang memegang polis sebagai tertanggung. Tertanggung diwajibkan membayar premi yang terhitung untuk antisipasi risiko kerugian, kematian, dan kerusakan yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tidak terduga. Berikut ini beberapa jenis asuransi yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan menjadi salah satu Jenis Jenis Asuransi yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Pihak penyedia asuransi akan menanggung biaya proses perawatan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Namun sebelumnya, pihak tertanggung juga sudah membayar secara rutin mengenai asuransi kesehatan tersebut.

Asuransi Kesehatan yaitu produk asuransi yang mengatasi masalah kesehatan tertanggung. Tidak semua penyakit bisa di klaim oleh tertanggung. Hanya ada beberapa penyakit tertanggung yang biayanya dapat ditanggung oleh pihak asuransi yaitu cacar, cedera, hingga kematian karena kecelakaan.

Banyak yang mengatakan bahwa asuransi kesehatan bisa dibeli untuk kepentingan tertanggung saja ataupun pihak ketiga. Ada banyak perusahaan asuransi kesehatan swasta yang menyediakan berbagai macam produk asuransi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Anda bisa memilih sesuai apa yang anda butuhkan.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi yang tidak kalah banyaknya yaitu asuransi jiwa yang memberikan manfaat di bidang finansial pada peserta asuransi atas kematian yang menimpanya. Sistem pembayaran pada asuransi jiwa juga bermacam-macam. Ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan pembayarannya setelah kematian. Namun ada juga yang memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.

Seperti halnya dengan asuransi sebelumnya, asuransi jiwa juga bisa dibeli untuk kepentingan diri sendiri maupun atas nama tertanggung saja atau bisa juga untuk kepentingan orang ketiga. Misalnya ketika suami membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah sang istri meninggal. Orang tua dari pihak istri pun juga dapat mengasuransikan diri terhadap kematian sang anak.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan Anak

Asuransi pendidikan menjadi jalan alternatif terbaik dan menjamin kehidupan yang baik terutama pada aset pendidikan sang buah hati. Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakannya masing-masing mengenai biaya premi yang harus dibayarkan oleh tertanggung. Biaya premi biasanya menyesuaikan dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya oleh pihak tertanggung.

Pahami terlebih dahulu seberapa pentingnya asuransi pendidikan bagi anak. Tingginya biaya pendidikan dan melemahnya mata uang terhadap dollar amerika akan berpengaruh pada biaya pendidikan sang buah hati nantinya. Orang tua akan menyadari bahwa hal tersebut tentu akan memberatkan para orang tua. Oleh karena itu, banyak masyarakat indonesia yang memilih asuransi pendidikan untuk sangat anak.

4. Asuransi Kendaraan

Selanjutnya Asuransi kendaraan menjadi asuransi populer yang ada di Indonesia yang biasanya dimiliki oleh masyarakat atas. Asuransi kendaraan yang banyak dipilih yaitu asuransi mobil. Pada Asuransi tersebut fokus terhadap tanggungan cedera orang lain maupun kerusakan yang terjadi pada kendaraan orang lain yang disebabkan oleh pihak tertanggung. Selain itu, asuransi kendaraan juga berguna untuk membayar kehilangan atau kerusakan pada kendaraan tertanggung.

Asuransi kendaraan pernah booming ketika terjadi kerusuhan pada bulan mei tahun 1998. Akibat peristiwa tersebut, asuransi kendaraan meningkat secara  drastis. Masyarakat ingin melindungi kepemilikan atas kendaraan pribadinya.

5. Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis merupakan asuransi layanan proteksi terhadap kerusakan, kerugian maupun kehilangan dalam jumlah besar pada bisnis yang dikerjakan oleh tertanggung. Dengan adanya asuransi bisnis, pihak penanggung akan memberikan penggantian dari terjadinya kerusakan akibat ledakan, gempa bumi, kebakaran, petir, banjir, hujan, tabrakan hingga kerusuhan.

Perusahaan asuransi bisnis menawarkan berbagai macam manfaat yang berguna bagi pihak tertanggung. Misalnya sebagai perlindungan terhadap karyawan, asuransi jiwa menyeluruh untuk seluruh karyawan, dan perlindungan investasi dan bisnis. Selain itu, asuransi bisnis juga memberikan paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawannya.

6. Asuransi Kredit

Asuransi kredit yaitu asuransi untuk melindungi atas terjadinya risiko kegagalan debitur dalam melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai. Misalnya modal kerja, kredit perdagangan dan lain-lain. Asuransi yang satu ini sangat erat kaitannya dengan jasa perbankan terutama bidang pengkreditan. Kredit sendiri merupakan loan (pinjaman) dalam bentuk uang yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan selaku pengkredit kepada nasabahnya.

Asuransi kredit bertujuan untuk melindungi lembaga keuangan tersebut dari kemungkinan terjadinya tidak memperoleh kembali kredit yang dipinjamkan kepada nasabah. Pihak asuransi juga akan membantu memberikan pengarahan dan keamanan perkreditan yang akan dilakukan.

7. Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Rumah dan properti menjadi salah satu aset yang berharga. Pemilik rumah biasanya mengansurasikan rumah dan propertinya kepada pihak asuransi. Hal tersebut untuk melindungi diri dari aset miliknya. Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan atau proteksi terhadap terjadinya kerusakan atau kehilangan yang mungkin terjadi pada barang-barang tertentu milik peserta asuransi.

Asuransi yang satu ini juga berfungsi untuk melindungi dan memberikan keringanan ketika rumah atau properti dari peserta mengalami musibah. Misalnya terjadi kebakaran, gempa bumi, banjir, kerusuhan dan lain sebagainya.

8. Asuransi Perjalanan

Fungsi asuransi perjalan sama halnya dengan asuransi yang lainnya yaitu untuk melindungi pihak tertanggung dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Asuransi Perjalanan yaitu asuransi yang diambil oleh pihak tertanggung untuk melindungi dirinya mulai dari berangkat pada perjalanan hingga kembali pulang.

Manfaat dengan adanya asuransi perjalanan yaitu untuk mendapatkan perlindungan dan penanggungan biaya ketika terjadi masalah ketika dalam perjalanan. Misalnya terjadi kecelakaan, maka pihak tertanggung akan mendapatkan beberapa hal. Pihak tertanggung akan mendapatkan santunan kecelakaan pribadi, pemulangan jenazah, evakuasi medis, dan tanggungan biaya pengobatan darurat. Selain itu, pihak penanggung juga akan proteksi terhadap barang-barang bawaan yang rusak atau hilang.

9. Asuransi Kelautan

Asuransi Kelautan yaitu jenis asuransi khusus yang bisa dipilih oleh masyarakat yang bekerja di bidang kelautan. Fungsi dari asuransi kelautan yaitu untuk memastikan pengangkut serta pemilik kargo. Risiko yang mungkin terjadi sangat beraneka ragam sehingga banyak perusahaan yang menyediakan asuransi kelautan.

Ada beberapa risiko yang mungkin dialami yaitu kerusakan kapal, kerusakan kargo, dan melukai penumpang. Adanya kerusakan kelautan yaitu sebagai pengalihan risiko baik untuk diri sendiri maupun barang bawaan yang menggunakan jasa angkutan laut.

Asuransi kelautan melibatkan penggunaan jasa perkapalan dalam mengirimkan barang. Premi yang harus dibayarkan untuk asuransi kelautan pun beraneka ragam. Premi asuransi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pengepakan barang, barang yang diasuransikan, risiko yang diasuransikan, pengangkutan dan perjalan yang ditempuh.

Jenis Jenis Asuransi tersebut bisa menjadi pilihan Anda dalam berinvestasi sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan. Pilihlah perusahaan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika perusahaan sudah terdaftar, tentu keamanannya sudah terjamin dimana diatur dan diawasi langsung oleh pihak OJK.

Leave a Comment