Manajemen Keuangan Internasional Perlu Anda Pelajari

Manajemen Keuangan Internasional menjadi pengelolaan keuangan yang perlu anda ketahui yang berhubungan dengan perusahaan multinasional. Perusahaan internasional artinya perusahaan tidak hanya dalam satu area kecil dalam suatu negara, namun perusahaan ini sudah tersebut atau terhubung di seluruh dunia.

Kenali Lebih Jauh Mengenai Manajemen Keuangan Internasional

Manajemen Keuangan Internasional  yaitu perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian  Keuangan Perusahaan Internasional atau Multinasional (Multinational Corporation atau MNC). Perusahaan Multinasional ini sudah beroperasi di seluruh dunia yaitu perusahaan-perusahaan besar milik kaum kapitalis . Pusat dari perusahaan tersebut berada di Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Perancis, Italia dan Inggris.

Perusahaan-perusahaan besar pada negara tersebut lazim disebut sebagai konglomerat dunia atau kapitalis global. Dengan perkemabangan yang semakin maju, perusahaan-perusahaan tersebut menguasai perekonomian dunia seperti di negara-negara berkembang seperti Amerika Latin, Asia dan Afrika. Tujuan dari perusahaan tidak lain adalah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya.

Manajemen keuangan internasional mencakup banyak hal. Salah satunya yaitu aliran finansial merupakan arus masuk modal dan pinjaman pada perusahaan multinasional. Cakupan yang kedua yaitu aliran riil adalah arus masuk barang dagangan seperti bahan baku, barang jadi ataupun barang setengah jadi.

Aktivitas manajemen keuangan internasional selanjutnya yaitu aliran budaya. Aliran Budaya adalah arus masuknya ilmu pengetahuan, teknologi, perilaku dan pola pikir. Hakikat dari manajemen keuangan internasional sendiri adalah eksport capital, budaya dan barang dagangan dari negara kapitalis yang maju kepada negara berkembang.

Menurut Negara Sedang Berkembang (NSB), hadirnya Peusahaan Multinasioal (MNC) dianggap sebagai kolonisasi modern yang dibawa oleh proses globalisasi. Sehingga kaum cendikiawan berinisiatif untuk melawannya. Kata Globalisasi hanya sebuah rekayasa manusia MNC untuk menguasai ekonomi, sosial, budaya dan politik pada negara berkembang.

Keuntungan dan Kerugian adanya Manajemen Keuangan Internasional

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan adanya manajemen keuangan internasional. Salah satunya yaitu dapat memanfaatkan keunggulan yang komparatif. Keuntungan selanjutnya yaitu adanya transfer ilmu pengetahuan dan teknologi antara negara MNC dengan negara berkembang.

Meskipun ada keuntungan dengan adanya manajemen keuangan internasional, namun ada juga beberapa kerugian atau risiko yang harus dihadapi. Risiko yang harus dihadapi yaitu ketidakpastian nilai tukar valuta asing, karena mata uang negara sendiri dipermainkan oleh kapitalis global.

Tidak hanya itu, risiko negara yang paling tinggi yaitu MNC dapat menguasai politik dari negara berkembang. Hal tersebut disebabkan oleh ekonomi negara berkembang yang telah di hegemoni dan di dominasi.

Pentingnya Manajemen Keuangan Internasional

Meskipun ada beberapa risiko yang harus dihadapi oleh negara berkembang, tidak dapat dipungkiri jika Anda pun harus mempelajari mengenai hal tersebut. Berikut ini beberapa hal mengenai pentingnya manajemen keuangan internasional harus dipelajari.

  1. Membantu manajer keuangan suatu perusahaan dalam memprediksi perkara internasional. Pembelajaran tersebut juga mengenai dampak dari kejadian internasional terhadap ketetapan keuangan suatu perusahaan.
  2. Mengetahui kelebihan dari MNC yang berguna untuk memberdayakan sumber daya manusia pada Negara Sedang Berkembang. Sehingga NSB tidak lagi tergantung kepada MNC.
  3. Adanya Manajemen Keuangan Internasional memudahkan NSB untuk mengetahui keadaan ekonomi dunia.
  4. Pentingnya manajemen keuangan internasional dipelajari yaitu mengetahui moral dari bangsa itu sendiri baik dalam patriot, kapitalis komprador dan kapitalis birokrat.
  5. Mampu mengetahui aliran dana dari negara maju pada negara berkembang dan sebaliknya.

Demikian informasi mengenai Manajemen Keuangan Internasional yang membantu menambah wawasan anda. Menjadi seorang manajer ternyata tidak hanya harus mempelajari manajemen keuangan perusahaan saja, tetapi juga harus mengetahui mengenai manajemen keuangan internasional.

Leave a Comment