Inilah Syarat dan Cara Pendaftaran NPWP Online Yang Wajib Diketahui

Bagaimana cara daftar NPWP online? Sebagai seorang warna negara Indonesia, pasti Anda tidak asing lagi dengan istilah NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP sendiri merupakan sebuah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. Tahukah Anda bahwa sekarang ini pihak perpajakan memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mendaftar NPWP.

NPWP online menjadi salah satu program yang memudahkan calon Wajib Pajak untuk mendaftar dirinya kapan saja dan dimana saja. Setiap orang atau perusahaan yang sudah memenuhi syarat untuk memiliki NPWP maka akan berkewajiban untuk membayar pajak setiap tahunnya. Apa saja syarat yang harus dimiliki? Ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh seseorang atau perusahaan yang berkewajiban untuk membayar pajak. Nah untuk lebih jelasnya berikut akan disajikan beberapa informasi tentang syarat membuat NPWP beserta cara pendaftaran NPWP online?

Syarat Membuat NPWP Pribadi

Sebenarnya syarat untuk membuat NPWP pribadi sangatlah mudah. Anda hanya perlu memfotokopi beberapa berkas yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran. Umumnya syarat yang harus lengkap seperti fotokopi KTP, Paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). Selain itu Anda juga harus membawa fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang jika Anda memiliki usaha.

Cara Daftar NWP Online

Cara Daftar NWP Online

Di zaman yang semakin canggih tidak alasan untuk tidak membuat NPWP. Mungkin dulu banyak orang yang berfikir membuat NPWP merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Namun kenyataannya saat ini ada NPWP Online yang bisa Anda manfaatkan untuk mendaftar di mana saja dan kapan saja.  Bagaimana caranya? berikut ulasannya

1. Buat Akun Di Ereg Pajak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun di ereg pajak. Jika Anda belum pernah mendaftar. Perlu diketahui, Ereg Pajak ini merupakan sebuah website resmi pajak yang melayani pendaftaran NPWP secara online. Jika Anda sudah masuk ke situs nya maka langkah selanjutnya adalah mengisi setiap kolom yang tersedia dan ikuti petunjuk yang ada. Jangan lupa untuk memeriksa email Anda dan lakukan aktivasi secara langsung. Jika Anda laki-laki atau perempuan lajang maka Anda bisa memilih menu “pusat”. Sedangkan bagi Anda yang sudah menikah dan ingin mencabangkan NPWP pada suami maka Anda bisa memilih menu Cabang.

2. Unggah Dokumen Persyaratan

Langkah selanjutnya adalah mengunggah berbagai dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Perlu diketahui bahwa WP atau wajib pajak yang menjalankan usaha memiliki syarat yang berbeda dengan yang tidak memiliki usaha. Untuk syarat-syaratnya sudah dijelaskan sebelumnya jadi Anda bisa mengecek kembali keterangan di atas. Setelah Anda berhasil mengunduh semua file yang dibutuhkan maka Anda bisa memilih menu “Token” pada dashboard kemudian cek kembali Email. Jika sudah, Anda bisa copy paste token di email dan masukkan kembali ke menu dashboard dan klik kirim.

3. Cek Status Permohonan

Terakhir hal yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kembali status pendaftaran NPWP yang Anda lakukan melalui email. Jika status pendaftaran ditolak, maka hal yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki beberapa data yang kurang lengkap. Sebaliknya jika pendaftaran Anda disetujui maka kartu NPWP Anda akan dikirim ke alat yang sudah Anda kirim sebelumnya.

Nah itulah beberapa ulasan singkat tentang syarat dan cara pendaftaran NPWP online yang harus Anda penuhi. Jika Anda terus mengalami penolakan saat pendaftaran maka tidak ada salahnya untuk datang ke kantor pajak terdekat. Semoga informasi diatas membantu Anda!

Leave a Comment