Pengertian Manajemen Keuangan Beserta Ruang Lingkup

Sebelum mengetahui lebih detail mengenai Manajemen Keuangang, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai Pengertian Manajemen Keuangan. Sebuah perusahaan pada bagian pengaturan keuangan biasanya sering disebut sebagai manajemen keuangan atau financial management.

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Manajemen Keuangan dapat diartikan sebagai segala kegiatan atau aktivitas keuangan pada perusahaan. Hal tersebut meliputi bagaimana cara untuk mendapatkan pendanaan modal, alokasi dana dan pengelolaan aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan perusahaan. Berikut ini beberapa pengertian Manajemen Keuangan dari beberapa ahli.

1. J. L Massie

Menurut J. L Massie, manajemen keuangan adalah aktivitas operasional bisnis yang mempunyai tanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan dana yang diperlukan. Dimana dana tersebut berguna untuk kegiatan operasional yang efektif dan efisien.

2.  Bambang Riyanto

Menurut Bambang Riyanto, manajemen keuangan yaitu seluruh aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha untuk memperoleh pendanaan yang diperlukan. Dimana pendanaan diperlukan dengan syarat yang paling menguntungkan dan biaya minimal. Selain itu, manajemen keuangan juga termasuk dalam usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.

3. Agus Sartono

Menurut Agus Sartono, manajemen keuangan adalah seluruh aktivitas yang berhubungan dengan pengalokasian dana dalam bentuk investasi secara efektif. Tidak hanya itu, manajemen keuangan juga usaha pengumpulan dana untuk pembelanjaan secara efisien maupun pembiayaan investasi.

4. Sutrisno

Menurut Sutrisno, manajemen keuangan yaitu seluruh aktivitas perusahaan dengan usaha-usaha untuk mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang minim. Manajemen keuangan termasuk juga dalam usaha untuk memakai maupun mengalokasikan dana secara lebih efisien.

5. Sonny S

Pengertian Sonny S mengenai manajemen keuangan yaitu aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana mendapatkan dan menggunakan dana. Manajemen keuangan tersebut termasuk pada pengelolaan aset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

6. Weston Copeland

Menurut Weston Copeland, manajemen keuangan yaitu suatu fungsi dan tanggung jawab dari seorang manajer keuangan. Fungsi utama dari manajemen keuangan adalah menyangkut keputusan mengenai penanaman modal, pembagian dividen dan pembiayaan kegiatan usaha pada suatu perusahaan.

7. James Van Horne

Menurut James Van Horne, manajemen keuangan adalah seluruh kegiatan yang berhubungan dengan perolehan dan pengelolaan dana. Selain itu, manajemen keuangan berguna untuk mengelola aktiva yang bertujuan untuk seluruh aktivitas perusahaan.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Upaya untuk mengelola aset-aset perusahaan yang dimiliki, manajemen keuangan dibagi menjadi beberapa ruang lingkup. Seorang manajer harus mengetahui dengan benar mengenai ruang lingkup manajemen keuangan berikut ini.

1. Keputusan Pendanaan

Ruang lingkup dari manajemen keuangan yang pertama yaitu mengenai keputusan pendanaan. Keputusan tersebut meliputi kebijakan manajemen dalam pencarian dana suatu perusahaan. Seperti kebijakan hutang jangka pendek dan panjang, menerbitkan sejumlah obligasi dan sebagainya.

2. Keputusan Investasi

Ruang lingkup mengenai keputusan investasi dalam manajemen keuangan yaitu penempatan modal suatu perusahaan pada aktiva tetap maupun fixed asset. Misalnya tanah, gedung, mesin, atau peralatan yang lainnya. Tidak hanya itu, investasi juga meliputi mengenai aktiva finansial seperti surat-surat berharga, obligasi maupun saham.

3. Keputusan Pengelolaan Aset

Ruang lingkup manajemen keuangan mengenai keputusan pengelolaan aset yaitu kebijakan pengelolaan aset yang dimiliki secara efisien. Hal tersebut tidak lain agar tercapai tujuan dari perusahaan.

Pengertian Manajemen Keuangan dan ruang lingkupnya harus Anda ketahui jika menginginkan posisi seorang Manajer Keuangan. Berhasil atau tidaknya pengelolaan keuangan akan berpengaruh besar terhadap kegiatan dan tercapainya tujuan perusahaan.

Leave a Comment