Pengertian Manajemen Pemasaran Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pahami pengertian manajemen pemasaran agar Anda dapat mengontrol penjualan barang Anda. Apa itu manajemen pemasaran? Ada beberapa pendapat yang berbeda tentang pengertiannya menurut beberapa tokoh. Tentu, setiap perusahaan membutuhkan manajemen pemasaran yang bagus agar bisnisnya bisa berjalan dengan baik dan terstruktur.

Perlu Anda ketahui, manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan yang di dalamnya terdapat pengawasan, petunjuk, dan perencanaan dalam melakukan pemasaran. Ada tujuan khusus yang melatarbelakangi manajemen pemasaran ini. Tujuan kegiatan ini adalah memaksimalkan pemasaran yang lebih efisien dan efektif untuk diterapkan. Selain pengertian tersebut, masih banyak pengertian manajemen pemasaran dari beberapa tokoh. Simak ulasannya sebagai berikut!

Pengertian Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia

Pengertian Manajemen Pemasaran

Menurut Wikipedia, manajemen pemasaran adalah suatu proses yang di dalamnya berisi penetapan tujuan-tujuan dari pemasaran yang ada pada organisasi tertentu. Proses tersebut mencakup segala kegiatan yang ditujukan untuk memenuhi target pemasaran yang lebih efektif.

Pengertian Menurut Para Tokoh

Ada beberapa tokoh penting yang ikut serta menyimpulkan definisi dari manajemen pemasaran. Siapa saja mereka? Berikut adalah daftar dan penjelasan nya:

Pengertian Menurut Para Tokoh

1. Philip Kotler (1980)

Menurut beliau, manajemen pemasaran merupakan proses menganalisis, merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi suatu program-program tertentu. Tujuannya adalah untuk melakukan pertukaran dengan pasar yang menjadi target penjualan.

2. Dharmmesta dan Handoko

Menurut mereka, manajemen pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang dijalankan oleh suatu perusahaan demi kelangsungan perusahaan, development, dan keuntungan. Dapat diambil kesimpulan bahwa perusahaan melakukan manajemen pemasaran agar penjualan nya mencapai target perusahaan yaitu mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang diharapkan adalah keuntungan yang memang sesuai perencanaan dan estimasi awal.

3. Willian J. Stanton

Menurut nya, manajemen pemasaran merupakan suatu sistem dari keseluruhan berbisnis yang ditujukan untuk maksud tertentu. Tujuan dari manajemen menurut nya adalah melakukan perencanaan, penentuan harga, promosi barang, hingga pendistribusian nya kepada pelanggan. Semakin baik manajemen yang dibuat, semakin cepat pula proses menuju distribusi itu terjadi.

4. Sofjan Assauri

Menurut Sofjan, manajemen pemasaran yaitu suatu kegiatan menganalisis, merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan program yang telah disusun. Program-program tersebut berkaitan tentang pembentukan, pembangunan, hingga pemeliharaan laba yang merupakan hasil transaksi. Jika suatu program dalam bisnis sudah tertata dengan baik, kegiatan penjualan pun tidak akan terhambat atau pun mengalami masalah yang rumit.

5. Basu Swastha

Menurutnya manajemen pemasaran merupakan sistem menyeluruh dari banyak bisnis yang bertujuan untuk perencanaan, penetapan harga, promosi barang, hingga distribusi. Serangkaian kegiatan tersebut sejatinya ditujukan untuk memuaskan pelanggan karena telah memenuhi kebutuhan nya. Jika pelanggan puas, maka mereka pun akan membeli atau melakukan transaksi dengan Anda di lain waktu. Dalam hal ini, jika Anda sudah mendapatkan pelanggan, jalin lah hubungan yang baik agar timbul suatu kepercayaan satu sama lain.

6. Buchori dan Djaslim

Menurut keduanya, manajemen pemasaran adalah suatu proses yang di dalamnya ada perencanaan, pelaksanaan, penetapan harga, promosi, dan distribusi. Distribusi di sini mencakup distribusi barang, gagasan, maupun jasa kepada konsumen. Jadi, pendistribusian dapat berupa sesuatu selain barang. Semua bentuk pendistribusian itu sejatinya hanya untuk mencapai target perusahaan yaitu mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan.

Demikian adalah pengertian manajemen pemasaran mulai dari pengertian umum hingga para tokoh. Sebenarnya, semua pengertian yang diutarakan oleh masing-masing tokoh sama. Dapat disimpulkan bahwa, manajemen pemasaran yaitu suatu proses analisis, pelaksanaan, penentuan harga, promosi barang, dan kegiatan distribusi ke konsumen. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment