Prediksi Perkembangan Investasi Di Indonesia Tahun 2019

Berbicara tentang perkembangan investasi di Indonesia beberapa tahun terakhir ini memang terus mengalami peningkatan. Seperti yang diketahui bahwa pasar Indonesia sekarang ini bisa dikatakan sebagai surganya para investor baik lokal maupun mancanegara. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat negara Indonesia saat ini menjadi salah satu pasar paling potensial di kawasan Asia. Meningkatnya investasi di Indonesia ini dipengaruhi oleh beberapa sektor usaha mulai dari properti, industri logam, transportasi, gas, telekomunikasi hingga perkebunan.

Salah satu alasan mengapa banyak investor asing yang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia yaitu karena tren dan kebudayaannya. Adanya tren dan kebudayaan yang berkembang di Indonesia sekarang ini menjadi faktor penting investasi di Indonesia mengalami peningkatan. Lalu bagaimana perkembangan investasi di tahun 2019? Apakah tetap mengalami peningkatan? Untuk mengetahui lebih detail tentang prediksi perkembangan investasi di Indonesia tahun 2019. Berikut ulasannya

Investasi Diprediksi Melambat

Seperti yang diketahui bahwa pada tahun 2018 siklus pertumbuhan investasi yang ada di Indonesia terus mengalami peningkatan hingga akhir tahun. Namun sepertinya ditahun 2019 hal tersebut berbanding terbalik karena diperkirakan akan mengalami penurunan. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat pada bulan April 2019 akan diadakan pesta demokrasi. Mulai dari pemilihan presiden, kepada daerah hingga pemilihan calon anggota legislatif tingkat nasional. Perlu diketahui bahwa semua pemilihan tersebut dilakukan secara serentak seluruh Indonesia.

Menurut keterangan dari pihak BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal, investasi tahun 2019 mengalami perlambatan yang disebabkan oleh peraturan. Seluruh penanaman modal yang terjadi pada saat itu akan menunggu sampai Pemilu usai untuk melihat kebijakan baru yang ditetapkan.

Investasi Menjadi Andalan Pertumbuhan Ekonomi 2019

Menurut keterangan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 2019 akan ditargetkan sebesar 5,3 persen. Meski nilai tukar rupiah sekarang ini terus melemah namun peningkatan investasi akan tetap terjadi pada tahun 2019. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyebutkan bahwa investasi merupakan sektor andalan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Dengan berkembangnya investasi di sebuah negara akan memungkinkan munculnya pembiayaan dari investasi ke berbagai bidang khususnya infrastruktur.

Perkembangan Investasi Emas Tetap Potensial

Bagi Anda yang suka berinvestasi emas, maka Anda boleh berbahagia sekarang. Pasalnya harga emas di tahun 2019 akan diprediksi terus mengalami kenaikan hingga akhir tahun. Hal tersebut pun didukung dengan pelemahan dolar AS sehingga tidak heran jika emas menjadi investasi menjanjikan sekarang ini. Lalu apakah investasi emas ini hanya boleh dilakukan oleh kalangan tertentu saja? Tentu saja jawabannya tidak karena setiap orang bisa berinvestasi mulai dari nominal terkecil hingga nominal yang paling besar sesuai kemampuan. Bagi yang ingin berinvestasi emas di pegadaian Anda bisa memilih program terbaru tabungan emas yaitu mulai dari Rp 6000 rupiah saja.

Indonesia Masih Menjadi Negara Tujuan Investasi Tahun 2019

Satu lagi informasi seputar perkembangan investasi di Indonesia tahun 2019 yaitu Indonesia masih menjadi negara tujuan investasi. Meski Indonesia tahun 2019 investasi di Indonesia diprediksi turun, namun Indonesia tetap dinobatkan menjadi negara tujuan investasi. Namun perlu diketahui bahwa Indonesia mungkin akan bersaing ketat negara tetangga yakni Filipina yang menjadi negara tujuan pertama. Meski kalah satu poin dari negara Filipina, pertumbuhan investasi di Indonesia akan terus mengalami perkembangan.

Itulah ulasan singkat tentang perkembangan investasi di Indonesia pada tahun 2019. Bagi Anda yang baru memulai usaha, pastikan untuk bersiap menghadapi perubahan iklim investasi. Dari sekarang Anda perlu menyusun rencana yang sudah dipikirkan secara matang. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment