Kriteria Perusahaan Asuransi Terbaik yang Akan Menjadi Pilihan Anda

Banyak Perusahaan Asuransi di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda dalam berinvestasi jangka panjang. Memilih perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan memang cukup sulit. Seluruh perusahaan asuransi swasta tentu mengklaim bahwa perusahaan mereka yang terbaik. Oleh karena itu, Anda sebagai pihak investor atau tertanggung tentu harus cermat dalam memilihnya. Berikut ini beberapa kriteria perusahaan asuransi tersebut dapat dipilih dengan tepat.

1. Berdiri Sejak Lama dengan Reputasi Baik

Perusahaan asuransi yang masih tergolong baru bukan berarti tidak baik untuk dipilih. Namun dengan perusahaan asuransi yang sudah berdiri sejak belasan bahkan puluhan tahun tentu memudahkan Anda dalam menganalisa rekam jejak dan reputasinya. Jadi Anda harus bisa meminimalisir terjadinya risiko kerugian.

Perusahaan dengan reputasi baik tentu bagus sebagai ladang investasi Anda. Cara mengetahui apakah perusahaan tersebut baik atau tidaknya, Anda bisa mengumpulkan informasi dari berbagai media digital maupun media cetak. Lihat bagaimana perusahaan menangani klaim nasabah. Jika Anda menemukan banyak keluhan nasabah bahkan penipuan, Anda bisa mengesampingkan perusahaan asuransi tersebut.

2. Risk Based Capital diatas 120%

Risk Based Capital (RBC) menunjukkan kesehatan keuangan dari perusahaan asuransi. Semakin besar rasio RBC atau sering dikenal rasio solvabilitas, maka semakin sehat kondisi keuangan dari perusahaan asuransi tersebut. Minimal RBC sebesar 120% untuk dikatakan perusahaan aman atau sehat.

Hal tersebut perlu diketahui untuk memperkirakan apakah perusahaan mampu memenuhi klaim saat diperlukan. Jangan sampai anda memilih perusahaan yang prosentase RBC di bawah 120. Karena kemungkinan risiko kerugian yang akan Anda alami jauh lebih besar. Jika Anda tidak enak menanyakan pada konsultan, Anda bisa mengetahuinya dari neraca keuangan di  media cetak maupun situs resmi dari perusahaan tersebut.

3. Premi Terjangkau dan Sesuai Kebutuhan

Perusahaan asuransi akan menawarkan harga premi yang berbeda-beda. Tetapi semakin besar premi yang dibayarkan, belum tentu menjamin kualitas program asuransi tersebut. Perusahaan yang baik tentu akan menawarkan harga premi terjangkau dan berkualitas.

Anda bisa membandingkan produk asuransi yang sejenis pada beberapa perusahaan. Pahami dengan benar apa yang ditawarkan dari perusahaan asuransi tersebut. Selain itu, perhatikan dan renungkan juga apa yang anda butuhkan. Perusahaan yang anda pilih menawarkan premi yang terjangkau dan berkualitas. Namun tidak sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Tentu manfaatnya akan berkutang bukan?

4. Memiliki Rekanan yang Banyak dan Berkualitas

Perusahaan Asuransi yang baik akan memiliki banyak rekanan pusat kesehatan yang berkualitas. Dengan adanya rekanan yang banyak, maka semakin mudah para nasabah atau tertanggung dalam mengakses layanan yang diperlukan. Hal tersebut sangat krusial, apalagi ketika nasabah sedang membutuhkan penanganan medis yang cepat. Rekanan pusat kesehatan tentu bagi perusahaan asuransi yang menjurus kepada asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa.

Sedangkan untuk asuransi kendaraan, sebaiknya perusahaan asuransi memiliki rekanan bengkel yang banyak. Dengan begitu, pihak tertanggung akan mudah dan tenang ketika sedang bepergian. Jika ada hal yang tidak diinginkan pada kendaraan, tertanggung akan dengan mudah memilih bengkel.

Kriteria Perusahaan Asuransi diatas perlu Anda perhatikan dan cermati. Hal tersebut untuk membantu Anda agar tidak mengalami kerugian besar, tidak memberatkan dan memperoleh keuntungan sesuai dengan keinginan. Ketika ada hal yang mengganjal atau ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya kepada pihak konsultan terkait. Semakin Anda banyak bertanya, tentu semakin yakin juga asuransi seperti apa yang Anda butuhkan.

Leave a Comment