Mengenal Tentang Sistem Informasi Pemasaran Beserta Komponenya

Sistem Informasi Pemasaran, informasi merupakan sumber daya yang bisa dikatakan sangat penting dan berharga. Jika dibandingkan sumber daya-sumber daya yang lainnya, informasi saat ini pun menjadi salah satu hal yang lebih penting. Sistem informasi pemasaran adalah suatu sistem berbasis komputer yang bekerja sama dengan sistem fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan.

Dengan adanya sistem informasi tersebut masalah perusahaan yang berkaitan dengan pemasaran produk akan berjalan baik sesuai rencana. Perlu diketahui bahwa sistem informasi ini selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan baik skala kecil maupun besar. Sistem ini umumnya berkaitan dengan produk, tempat, promosi dan juga harga. Nah untuk mengetahui lebih jauh berikut akan disajikan beberapa ulasan tentang sistem informasi pemasaran beserta komponennya.

Tentang Sistem Informasi Pemasaran

Seperti yang diketahui sistem informasi adalah sebuah sistem yang menyediakan berbagai informasi penjualan, promosi penjualan, kegiatan survei dan lain sebagainya. Setiap perusahaan penting sekali mengetahui perkembangan pasar baik situasi maupun kondisi pasar serta pemasarannya. Dengan adanya informasi tersebut, perusahaan bisa menentukan strategi yang tepat agar pemasaran yang dilakukan perusahaan dapat tercapai sesuai target ditetapkan. Sistem informasi pemasaran sendiri ini juga sering diartikan sebagai suatu struktur yang saling berinteraksi mulai dari prosedur pengumpulan, mengevaluasi hingga mendistribusikan. Tentu adanya sistem informasi ini akan sangat memudahkan pekerjaan pemasaran.

Komponen Sistem Informasi Pemasaran

Komponen Sistem Informasi Pemasaran

Tahukah Anda bahwa dalam sebuah sistem informasi pemasaran terdapat komponen yang sama dengan sistem informasi pada umumnya. Perbedaan komponen sistem informasi tersebut biasanya terjadi pada letak dari sistem informasinya. Misalnya saja untuk sistem informasi pemasaran, komponen input nya terdiri dari data pemasaran. Sedangkan untuk komponen output nya berisi laporan-laporan informasi pemasaran. Berikut ini beberapa komponen penting yang terdapat dalam sebuah sistem informasi pemasaran antara lain:

1. Data Primer Dan Sekunder

Perlu diketahui bahwa data primer merupakan data yang dikumpulkan oleh perusahaan. Sedangkan untuk data sekunder adalah data yang dikumpulkan oleh orang atau pihak lainnya. Umumnya teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data primer adalah melakukan wawancara secara mendalam, pengamatan dan pengujian terkendali. Untuk data sekunder sendiri bisanya harus dibeli dan tersedia dalam bentuk pita magnetik untuk memudahkan dalam penginputan ke CBIS data.

2. Subsistem Intelijen Pemasaran

Komponen selanjutnya yaitu Subsistem Intelijen Pemasaran yang mana bertugas untuk mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan pesaing perusahaan. Seperti yang diketahui bahwa setiap area fungsional dalam sebuah perusahaan mengemban tanggung jawab untuk membangun link perusahaan. Sama halnya dengan area fungsional lainnya, pemasaran juga memiliki tanggung jawab untuk membuat arus masuk bagi pesaing.

3. Komponen Model Pemasaran

Pada bagian ini model merupakan cetakan yang mengubah bentuk dari input menjadi output. Model pada sistem informasi pemasaran ini banyak digunakan untuk menghasilkan laporan-laporan yang dibutuhkan oleh bagian perusahaan. Beberapa laporan tersebut seperti strategi penetapan harga produk, maintenance lokasi fasilitas, evaluasi produk baru dan lama, dan sebagainya.

4. Komponen Output Pemasaran

Seperti yang diketahui bahwa tiap subsistem output menyediakan informasi tentang subsistem sebagai bagian dari bauran. Biasanya subsistem produk akan menyediakan informasi tentang produk dari perusahaan. Subsistem promosi akan menyediakan informasi tentang kegiatan advertisement perusahaan dan juga penjualan secara langsung. Sedangkan untuk subsistem harga membantu manajer untuk membuat keputusan harga dari produk.

Itulah informasi tentang sistem informasi pemasaran beserta komponen yang terkait di dalamnya. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membuat Anda semakin mengerti tentang sistem informasi dan juga cara kerjanya.

Leave a Comment