Apa itu SSE Pajak atau Surat Setoran Elektronik dan Manfaatnya?

Banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu SSE Pajak. Meskipun tidak dipungkiri bahwa sebagian besar orang sudah tahu SSE Pajak secara mendetail. Sebagai warga negara yang baik, tentu harus berpartisipasi dalam pembangunan negara dengan salah satu caranya yaitu membayar pajak.

Apa itu SSE Pajak?

SSE Pajak singkatan dari Surat Setoran Elektronik yang merupakan sistem pembayaran dengan cara yang baru. Pembayaran pajak tidak lagi menggunakan cara manual yaitu SSP (Surat Setoran Pajak), tetapi beralih menggunakan SSE Pajak.

Menurut Direktorat Jenderal Pajak, SSE Pajak yaitu suatu sistem pengelolaan pembayaran pajak eletronik yang administrasinya ditangani oleh biller Direktorat Perpajakan. Pembayaran tersebut dilakukan dengan mengaplikasikan atau menerbitkan billing system.

Cara kerja dari SSE Pajak yaitu surat setoran elektronik pajak online akan menerbitkan kode billing atau ID billing pajak. ID atau identitas tersebut berguna untuk mengetahui berbagai kode akun pajak maupun kode jenis setoran lain yang dikenakan pajak. Anda bisa membayar pajak dengan online maupun melalui transfer rekening bank.

SSE Pajak diluncurkan sejak tahun 2002 sebagai salah satu pelaksanaan good governance dengan berlandaskan sistem administrasi perpajakan. Sistem administrasi perpajakan tentu harus transparan dan akuntabel melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Ditjen Pajak mulai memperkenalkan Surat Setoran Elektronik Pajak pada tanggal 1 januari 2016. Hal tersebut terjadi ketika menutup tahun Pembinaan Wajib pajak pada tahun 2016. Oleh karena itu, Ditjen Pajak terus memperkenalkan dan menggantinya menjadi SSE Pajak secara perlahan. Hasilnya, Ditjen Pajak menetapkan SPP diganti SSE pada tanggal 30 Juni 2016.

Manfaat dari SSE Pajak

Manfaat dari SSE Pajak

Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan hadirnya Surat Setoran Elektronik. Beberapa diantaranya yaitu

1. Hemat Waktu

Hadirnya SSE (Surat Setoran Elektronik) Pajak akan mempermudah para wajib pajak sehingga akan lebih menghemat waktu. Anda tidak perlu bersusah payah pergi ke bank untuk melakukan pembayaran. Cukup melakukannya di ponsel dengan melalui internet Banking maupun dengan ATM yang beroperasi 24 jam.

Selain itu, pembayaran pajak dengan SSE bisa Anda selesaikan hanya dalam hitungan menit bahkan detik saja. Cukup dengan smartphone Anda semua sudah terselesaikan tanpa harus pergi ke kantor perpajakan yang membutuhkan waktu lama.

2. Tempat dan Waktu Tidak ditentukan

Dengan adanya SSE Pajak akan mempermudah wajib pajak dalam membayarnya dimana saja dan kapan saja waktunya. Pemerintah sudah menyediakan situs SSE pajak pada sse.pajak.go.id yang akan membantu Anda dalam melakukan setoran pajak.

Anda tidak perlu lagi menyetor perpajakan dengan cara mendatangi kantor Pajak seperti dulu lagi. Anda bisa membayar melalui ATM maupun internet Banking sehingga anda bisa dimana dan kapan saja melakukan transaksi pembayarannya. Caranya cukup mudah yaitu dengan memasukkan ID billing yang telah dibuat sebelumnya. ID billing tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara mengunjungi sse.pajak.go.id.

3. Akurat Mengurangi Kesalahan

Aplikasi dari Sistem Setoran Elektronik Pajak ini jauh lebih akurat dibandingkan dengan SSP. Tidak hanya itu, SSE juga membantu wajib pajak untuk mengurangi terjadinya kesalahan ketika menginput kode akun pajak ataupun kode jenis setoran. Kode akun atau ID billing yang diberikan kepada pihak bersangkutan jelas meminimalisir terjadinya kesalahan ketika melakukan pembayaran SSP manual.

SSE Pajak menjadi inovasi baru dari pemerintah sejak tahun 2016 yang lalu. Hal tersebut tidak lain untuk mempermudah warga negara dalam membayar pajak agar lebih efektif dan efisien.

Leave a Comment